Hati-Hati Penipuan Berkedok PGRI




Hari Rabu, 28 Januari 2009 kemarin, saya yang saat itu giliran piket di sekolah (SMA Muhammadiyah 1 Kota Tasikmalaya) kedatangan dua orang tamu. Kedua orang tersebut bermaksud menjual buku Undang2 Sisdiknas seharga @ Rp. 150.000,- langsung kepada saya, untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah yang ada di lingkungan Kampus Muhammadiyah. Mereka mengaku sebagai utusan langsung dari Ketua PGRI Kota Tasikmalaya, Bpk. Uun, untuk menemui saya sebagai Ketua PGRI Ranting Kampus Muhammadiyah.

Pada mulanya saya tidak menaruh curiga, dan berbasa-basi seperti biasa. Tetapi, ketika sekretaris saya, Bpk. Sujono, menanyakan perkembangan PGRI dan mereka terlihat gelagapan menjawab, akhirnya saya curiga juga. Saya pun berinisiatif menelepon bendahara PGRI Kecamatan Tawang dan salah seorang pengurus PGRI Kota Tasikmalaya. Mereka berdua menyatakan tidak tahu menahu dan tidak mewajibkan adanya penjualan buku, apalagi dengan harga semahal itu.

Saya pun meminta bukti tertulis berupa surat rekomendasi dari PGRI Kecamatan Tawang dan PGRI Kota yang -- sudah saya duga sejak semula -- mereka tidak dapat menunjukkannya. Akhirnya saya tolak secara halus permintaan mereka. Mereka pun dengan terburu-buru segera angkat kaki dari hadapan saya dengan agak sedikit "mengancam": nanti saya beritahu pa Uun, katanya.

Setelah mereka pergi, saya segera mengirim pesan singkat (SMS) ke beberapa teman guru di lingkungan Kampus Muhammadiyah mulai dari TK sd SMK, pokoknya semuanya saya beritahu supaya DITOLAK. Di SMA pun, saya berpesan kepada TU, apabila mereka datang lagi, sikat saja, hehe...

Sore harinya, saya berkomunikasi lagi dengan pengurus Kecamatan dan Kota, supaya informasi ini disebarkan dan ditindaklanjuti sehingga tidak ada korban penipuan lebih lanjut.

Alhamdulillah...lega rasanya karena tidak tertipu.

NB:
Ciri-ciri sang penipu:
1. Berjumlah 2 orang
2. Berumur sekitar 50 tahun
3. Berjeket hitam dan terdapat logo PGRI di dada kiri (logo PGRI bisa dengan mudah didapat di toko2 buku)

Apabila menemukan mereka, ajak bicara lebih lama dan beritahu polisi, biar tahu rasa dan tidak memalukan organisasi !!

3 komentar:

Anonim Sabtu, Januari 31, 2009  

mun aya dui k moetaz, urang gebugan pakkk ^_^'

Anonim Sabtu, Januari 31, 2009  

dune1993_pero@yahoo.co.id
my fs pak

Master Sabtu, Januari 31, 2009  

Maaf, ini siapa ya? Sudah dibuka ke FS, koq photonya gak kenal. Malah perasaan itu photo saya ketika masih muda dulu ^_^'

Makasih atas commentnya, tapi jangan digebukin, kasihan, lempar aja dari lantai 3 langsung, cakakak...engga lah, kita harus menunjukkan bahwa kita adalah orang berpendidikan. Cara2 kekerasa, penipuan, dll adalah ciri2 uneducated person (orang yang tidak berpendidikan). Betul kan?

Sering2 berkunjung kemari ya, pero..
^_^'

Posting Komentar

Jangan hanya melihat-lihat, tulis komentar atau ikuti pooling yang ada, supaya saya tahu bahwa Anda pernah berkunjung ke sini. Terima kasih atas kesediaannya.