Tips Surfing di Internet



Untuk para pengguna interntet, inilah secuil tips yang sering saya lakukan ketika surfing/ browsing/ "jalan-jalan" di Internet.

1. Membuka alamat url baru tanpa meninggalkan yang sedang kita baca
Ketika mouse digerakan dan kita ingin membuka sebuah situs/blog lain, akan tampil gambar tangan. Itu artinya kita dapat membuka situs/blog tersebut. Kalau Anda mau membukanya,tapi tidak mau kehilangan situs/blog tempat Anda mengaksesnya, tekan SHIFT (jangan dilepaskan), kemudian Klik Kiri (mouse). Situs/blog akan muncul di jendela baru.

2. Menyimpan alamat url sebuah situs/blog
Pada dasarnya, fitur yang ada di Internet Explorer/ Mozila Firefox/ Google Chrome fungsinya sama saja. Lihat bagian atas layar. Disana terdapat icon "back, forward, bookmark, home, stop, history, dll" tergantung settingan awal yang Anda buat. Suatu saat kita tidak sengaja menemukan sebuah daftar bacaan yang sangat menarik, dan mungkin saja suatu saat kita ingin membukanya kembali. Lucu kalau masih menggunakan pulpen dan buku untuk menuliskannya. Ada cara yang termudah, yakni:
Klik "bookmark" kemudian ADD dan SAVE. Untuk membukanya kembali, kita tidak perlu menuliskan url-nya. Tinggal klik bookmark itu, dan klik nama situs/blog yang ingin kita buka.


3. Jangan Percaya "Tamu tak Diundang"
Kadangkala, ketika kita membuka suatu situs/blog, ada tampilan yang masuk berbarengan di jendela baru. Biasanya berupa iklan suatu produk yang berafiliasi dengan situs/blog itu. Tapi HATI-HATI, mungkin saja itu adalah sebuah VIRUS! Jadi, cara teraman adalah dengan segera menutupnya.

Dalam hal ini, Anda harus hati-hati kalau mencari sebuah Anti Virus baru yang bisa didownload gratis. Setelah Idul Fitri tahun 2008 lalu, saya
browsing sebuah Anti Virus baru, supaya security laptop yang saya gunakan lebih aman.
Tiba2 ada tampilan kecil dari sebuah situs yang mengaku bisa menscan komputer secara online, dan ada peringatan palsu yang bentuk tampilannya seperti dari Windows yang mengharuskan saya untuk menscan online tersebut, karena sepertinya komputer saya ada virusnya, begitulah kira2 bunyi peringatan tersebut. Saya pilih "OKE" saja, dan mulailah prosesnya.
Tak berapa lama kemudian, laptop saya merestart otomatis dan ketika WIndows muncul kembali, layar desktop menjadi merah darah dengan tulisan bahwa itu adalah virus. Segala cara seudah saya coba selama 1 minggu penuh, tapi hasilnya nihil. Akhirnya saya install ulang lagi laptop saya, dan mulai dari nol lagi, hik-hik...


4. Jangan Mudah Penasaran pada url yang Diterima
Kalau Anda mendapat email atau sedang chatting yang menawarkan supaya membuka sebuah alamat (url), jangan langsung percaya kecuali Anda sudah benar2 kenal orang yang mengirimnya, karena bisa saja itu sebuah virus.

Dalam majalah PC Media edisi Februari 2009, terdapat peringatan tentang cara masuk virus "autorun.ic". Di kota Tasik sendiri virus itu sudah menular dan menamakan dirinya dengan "autorun.inf". Ternyata asal virus itu adalah dari Vietnam. Dia menular melalui chatting yang menggunakan bahasa Vietnam, sehingga orang akan PENASARAN untuk membukanya, dan masuklah virus itu! Virus tersebut sangat ampuh, sehinga akan menonaktifkan semua cara yang biasa dilakukan untuk menghapusnya. Dia akan mematikan search, run, desktop, scan anti virus, dll. Saya sendiri pernah mengalaminya ketika diminta mengeprint photo kegiatan sekolah oleh salah seorang anak. Sial, virus itu masuk, dan akan terus-terusan ada, meskipun Anda menghapusnya secara manual di Windows Explorer. Karena jengkel, saya Zip virusnya, kemudian saya kirimkan ke PC-MAV, AVG, dan Ansav. Tidak berapa lama kemudian, PC-MAV & AVG mengirim email bahwa Anti Virus mereka sudah dapat mengamankan "autorun" itu. Makanya saya sekarang menggunakan Anti Virus AVG 8.0 dan PC-MAV RC.1.93 ( yang terintegrasi dengan Clamv Anti Virus, dengan database hampir 501.000 virus!).

Tanggal 7 Februari 2009 kemarin, saya memberanikan diri membawa Flas Disk (F-Disk) ke sekolah. Selama ini, komputer sekolah saya terkenal sebagai muara virus (^_^).
Dan saya tahu ada virus "autorun.inf" dalam F-Disk saya, karena ada file baru yang tidak dapat dihapus. Demi keamanan, saya back-up dulu beberapa file penting dan nekad memasukkan F-Disk saya. Alhamdulillah, email yang saya terima dari kedua produsen Anti Virus itu tidak bohong, mereka mampu mendeteksi dan mengatasinya. Hakan siah! hehe
Jadi, buat Anda yang mau coba, saya punya mentahan kedua anti virus itu, tapi bawa saja CD kosong sendiri, hehe..

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan hanya melihat-lihat, tulis komentar atau ikuti pooling yang ada, supaya saya tahu bahwa Anda pernah berkunjung ke sini. Terima kasih atas kesediaannya.